Jadi Solusi Kemacetan Kota Malang, Tol Pandaan-Malang Diteruskan


Proses pembebasan lahan dalam rangka pembuatan jalan tol Malang-Pandaan mulai dilalakukan oleh Pemkot Malang. Proses pembebasan lahan tersebut dimulai dengan melakukan sosialisasi pada warga yang lahannya akan digunakan sebagai jalan keluar tol atau interchange.

macet pandaan malang

Sekretaris Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Malang, Widjaja Saleh Putra mengatakan, ada dua kelurahan di Kota Malang yang masuk dalam program pembebasan lahan, yakni Kelurahan Madyopuro dan Kelurahan Cemorokandang. “Sosialisasi pada warga di dua kelurahan tersebut telah dilakukan pada 23 April lalu,” kata Widjaja saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (1/6/2014).

Selain melakukan sosialisasi pada warga, Pemkot Malang juga menggandeng appraisal untuk menentukan harga tanah yang dibebaskan. “Setelah harga ditentukan oleh appraisal, kami akan kembali melakukan sosialisasi pada warga”, tuturnya.

Ia menjelaskan, pada proyek Jalan Tol Pandaan-Malang ini lahan yang dipakai di Kota Malang hanya sepanjang 1,880 kilometer dengan total luas lahan 157,4 meter persegi. Lahan tersebut akan digunakan sebagai interchange jalan tol. “Di wilayah Malang Raya, wilayah Kabupaten Malang yang paling banyak digunakan, yakni panjang jalan tol 19,97 kilometer dengan luas lahan 2085,5 meter persegi”, paparnya.

Ditanya soal titik mana saja yang digunakan di Kota Malang, Widjaja enggan membeberkan. Sebab dikhawatirkan akan muncul banyak spekulan atau makelar tanah yang akan menaikkan harga tanah saat proses pembebasan lahan. “Dalam hal ini Pemda punya hak untuk tidak menyebarluaskan, tetapi keputusan mengenai penetapan lokasi sudah kita lakukan”, tandasnya.

Pihaknya memastikan, proses pembebasan lahan akan selesai pada tahun 2016 mendatang. Untuk diketahui, dalam rangka pembangunan tol Pandaan-Malang, pemerintah harus melakukan pembebasan lahan di tujuh kecamatan dan 33 desa di wilayah Malang Raya dan Pasuruan. Total panjang jalan tol ini rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 363,86 hektar dengan panjang jalan mencapai 28,488 kilometer.

 

wartabromo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: