Truk Tangki Pertamina Terperosok Dan Tabrak PJU


Minggu, 16 Juni 2013 sebuah truk tangki Pertamina terperosok dan menabrak Penerangan Jalan Umum ( PJU ) hingga ambruk di taman Dayu. Truk bermuatan 24.000 liter premium rencananya akan mengirim bahan bakar tersebut ke Malang.

Menurut AKP Made Jayantara, Kanit Lantas Polsek Pandaan, sopir truk yang diketahu bernama Lasio (49)mengaku dirinya mengantuk. Kepala truk tangki saat ini sudah diamankan di Pos Lantas. Sementara itu untuk bagian tangki, pihaknya masih menunggu kiriman kepala truk untuk mengangkutnya. “Untuk Tangkinya biar diamankan Pertamina, karena isinya Premium yang mudah terbakar,” jelas Made.

Proses Evakuasi berlangsung cukup lama karena harus membongkar pembatas jalan terlebih dulu. Menderek truk tangki pun juga harus dilakukan dua kali. Akibat kejadian ini, lalu lintas arah Surabaya – Malang menjadi macet.

Sementara itu ditempat yang berbeda, Pertamina UPMS V Jawa Timur-Balinus akan memberikan sanksi kepada sopir mobil tangki jika terbukti lalai dalam bertugas. Dan bahkan pihaknya akan melakukan pemecatan jika driver terjerat hukum.
“Semua sopir dan armada Pertamina sudah ada SOP ketika beroperasi untuk persiapan maupun dalam pengiriman Bahan Bakar Minyak (BBM). Tentunya ada syarat kesehatan, memiliki SIM, pengalaman menjadi driver truk, dan lainnya,” kata Rustam Aji, Ass Customer Relation Pertamina UPMS V Jawa Timur-Balinus.

Rustam Aji menambahkan jarak maksimal untuk mobil tangki dalam satu perjalanan adalah 300 Km dengan satu driver. Sedangkan untuk kecepatan dalam kondisi normal 50 – 60 Km/jam. Semua driver truk tangki, kata dia, sebenarnya sudah disediakan tempat istrhat di depot-depot Pertamina. Bahkan menyikapi isu kenaikan harga BBM, ditempat istrahat disediakan tukang pijit untuk para driver.

Dalam pendistribusian BBM, kata Rustam, Pertamina bekerjasama dengan beberapa perusahan. Terkait dengan kelalaian driver truk tangki, Pertamina tentunya akan memberikan sanksi terhadap rekan perusahaan yang terbukti drivernya melanggar SOP.

-surabayapagicom-

Satu Tanggapan

  1. wah bikin macet jalan ini kemarin sampe aku harus ambil jalur muter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: