Nuansa Ponorogo di Pandaan


Yang paling terkenal dari Ponorogo? Sepertinya seluruh Indonesia Raya Merdeka-Merdeka HIduplah Indonesia Raya akan serempak menjawab: REOG!!

Yup, reog ponorogo adalah warisan budaya asli Indonesia yang patut kita lestarikan. Jangan sampai ada bangsa lain yang mengakui hal itu sebagai kebudayaan mereka.

Terkait dengan judul posting diatas, ada satu hal tentang Ponorogo yang ingin admin bahas, tetapi bukan mengenai reog ponorogo, meskipun sudah beberapa kali seni tradisional tersebut hadir di Pandaan (terakhir pada pembukaan Pandaan Sale Festival and The Taman Dayu Salebration 2011 kemarin), seperti gambar dibawah ini:

 

Ada satu hal dengan identitas Ponorogo yang ada di Pandaan, yaitu SATE PONOROGO. Tahukan anda dimana lokasi kuliner sate ponorogo di Pandaan? Informasi untuk anda yang belum mengetahui, bahwa ada Sate Ponorogo yang terletak di depan SMA Yayasan Pandaan, yang buka mulai sore sampai malam hari.

Sudah sejak lama admin penasaran untuk mencoba mencicipinya, namun selalu kelupaan, dan kemarin, ketika admin lewat, mumpung ingat langsung mampir mengunjunginya. Namun sayangnya ketika disana admin tidak bawa kamera, sehingga hanya tampilan pas dirumah yang admin foto.

 

Nah, ketika dulu admin beberapa kali main ke Ponorogo, seringkali juga makan sate ponorogo, sehingga ingin membandingkan antara sate ponorogo yang ada di ponorog dengans ate ponorogo yang ada di Pandaan, yang memberikan nuansa ponorogo di Pandaan ini. Setahu admin, di Ponorogo, yang menjadi ciri khas dari sate ponorogo adalah bahwa yang digunakan sebagai bumbu bukan kacang seperti sate kebanyakan, namun menggunakan kacang kedelai, sehingga rasanya berbeda, unik, namun enak.

Saat admin menanyakan ke penjual sate ponorogo Pandaan tersebut, apakah bumbunya menggunakan kacang kedelai, di penjual mengatakan tidak, dia menggunakan kacang biasa. Yah, admin jadi pesimis apakah penualnya benar-benar asli ponorogo, atau hanya menggunakan nama yang bisa membuat orang penasaran ya?

Sate ayam dengan harga 10ribu per 10 biji tersebut memiliki ukuran daging yang lebih besar dari sate-sate kebanyakan di Pandaan. Dan ketika admin mencicipinya, rasanya lumayan enak, enak banget malahan. Jadi, terlepas dari apakah penjualnya asli ponorogo atau tidak, admin referensikan tempat tersebut untuk anda-anda sekalian penggemar sate, enak cuy.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: