Mengenal UNO, Game Card Keluarga yang Seru!!


Ada satu permainan kartu untuk keluarga yang seru lho, entah mulai kapan ada permainan ini, yang jelas, saya baru mengenalnya beberapa hari yang lalu dari trman-teman, beli di sebuah waralaba di daerah saya, nama kartu permainan tersebut adalah UNO Game Card….

Apa sih UNO itu?

Uno adalah sebuah permainan kartu untuk permainan keluarga yang bisa dimainkan 2 hingga 10 orang. Saya sendiri merasa seru juga nih bermain UNO ini, apalagi ketika kita bermain rame-rame bersama teman-teman, dijamin seru habis🙂 ini dia sekilas tentang Uno:

ISI

108 kartu sebagai berikut:

  •  19 kartu biru 0 sampai 9
  • 19 kartu hijau 0 sampai 9
  • 19 kartu kuning 0 sampai 9
  • 19 kartu merah 0 sampai 9
  • 8 kartu draw two masing-masing 2 kartu biru, kuning, hijau dan merah
  • 8 kartu reverse masing-masing 2 kartu biru, kuning, hijau dan merah
  • 8 kartu skip masing-masing 2 kartu biru, kuning, hijau dan merah
  • 4 kartu wild
  • 4 kartu wild draw four

OBJEK

Menjadi yang pertama mencapai nilai 500. Untuk mendapatkan nilai tersebut, kartu di tangan kita harus habis terlebih dahulu. Kita mendapatkan angka dari kartu yang tersisa di lawan kita.

MEMILIH PEMBAGI

Setiap pemain memilih sebuah kartu. Pemain yang mengambil kartu dengan nilai tertinggi menjadi pembagi. Jika kita mengambil kartu simbol, sayang sekali, mereka tidak diperhitungkan. Pemain di sebelah kiri dari pembagi memulai permainan.

Jika kartu simbol dimainkan pertama kali, maka yang terjadi adalah memulai kartu buangan.

ARTI DARI KARTU SIMBOL

  • Kartu Draw Two : ketika kartu ini dimainkan, pemain selanjutnya harus mengambil dua kartu dan gilirannya dilewati. Jika kartu ini dimainkan pertama kali, pemain pertama harus mengambil dua kartu. Kartu ini hanya dapat dimainkan dengan mencocokkan warna atau kartu draw 2 lainnya.
  • Kartu Reverse : Hanya mengganti arah permainan. Permainan ke kiri menjadi ke kanan dan sebaliknya. Jika kartu ini dimainkan pertama kali, pemain di sebelah kanan menjadi pemain pertama dan permainan kemudian bergerak ke kanan dan bukan ke kiri. Kartu nini hanya dapat dimainkan dengan mencocokkan warna atau dengan kartu reverse lainnya.
  • Kartu Skip : Pemain selanjutnya kehilangan giliran dan “dilewati”, jika kartu ini dimainkan di awal permainan, pemain di sebelah kiri pembagi dilewari. Kartu ini dapat dimainkan dengan mencocokkan warna yang sama atau dimainkan dengan kartu skip lainnya.
  • Kartu Wild : Kartu ini dapat dimainkan untuk semua kartu. Pemain yang memainkan kartu ini menentukan warna untuk melan jutkan permainan, termasuk kartu yang sedang dimainkan jika diinginkan. Karu wild dapat dimainkan meskipun pemain mempunyai kartu lain yang dapat dimainkan di tangan mereka. Jika kartu ini dimainkan pada permulaan permainan, pemain di sebelah kiri pembagi memilih warna, kemudian memainkan kartu pertama.
  • Kartu Wild Draw Four : Kartu ini memperbolehkan untuk menentukan warna kartu yang dimainkan selanjutnya dan pemain berikutnya harus mengambil 4 kartu dan kehilangan gilirannya. Tetapi, ada persyaratannya, kita harus dapat memainkan kartu ini jika kita tidak memiliki kartu lain di tangan sesuai dengan kartu yang sedang dimainkan. Jika kartu ini dimainkan di awal permainan, kembalikan kartu dan ambil kartu lain. Catatan: pemain dapat memainkan kartu ini sungguhpun di tangannya mereka memiliki kartu angka atau kartu aksi yang sama dari warna yang berbeda. Jika kita mencurigai seorang pemain memainkan kartu ini dengan curang, kita dapat menantangnya. Pemain yang ditantang harus menunjukkan kartu kepada pemain penantang. Jika pemain yang ditantang bersalah, dia harus mengambil 4 kartu, jika yang ditantang tidak bersalah, pemain penantang harus mengambiul 4kartu, ditambah 2 kartu tambahan. Hanya pemain yang harus mengambil 4 kartu dapat menantang.

RINGKASAN PERMAINAN UNO

Setiap pemain mendapatkan 7 kartu dan sisanya diletakkan terbalik untuk membentuk kartu AMBILAN. Kartu ambilan teratas dibalikkan untuk membentuk kartu BUANGAN.

Pemain pertama memilih sebuah kartu sesuai dengan warna , angka, atau simbol.

Contoh, jika kartu buangan pertama adalah enam kuning, kita harus meletakkan kartu enam apa saja atau kartu kuning apa saja. aatau kita dapat menurunkan satu kartu wild. Jika kita tidak memiliki kartu yang sesuai, kita harus mengambil kartu dari kartu AMBILAN.

JIka kartu di tangan ktia tinggal satu, kita karus meneriakkan UNO (artinya satu). Tidak meneriakkan UNO maka kita harus mengambil dua kartu dari kartu AMBILAN. ini tentu saja jika kita ketahuan oleh pemain lainnya. Jika ada seorang pemain tidak memegang kartu di tangannya, permainan berakhir. ANgka dihitung (Lihat bagian penghitungan) dan permainan dimulai lagi….

KELUAR

Jika ada seorang pemain yang memenangkan permainan dengan kartu terakhir adalah Draw Two atau Wild Draw Four, pemain selanjutnya harus mengambil dua atau empat kartu. Kartu diperhitungkan ketika nilai dijumlahkan.

Jika tidak ada kartu yang lagi di kartu AMBILAN, kocok kartu BUANGAN dan permainan dapat dilanjutkan.

PENGHITUNGAN

Ketika kartu kita sudah habis, kita mendapat nilai untuk kartu yang tersisa di ntangan lawan kita dengan perhitungan sebagai berikut:

Semua kartu 0 sampai 9 sesuai dengan nilai kartu

draw two 20 angka

reverse 20 angka

skip 20 angka

wild 50 angka

wild draw four 50 angka

Pemenang adalah yang pertama kjali emncapai nilai 500.

KARTU AMBILAN

Anda dapat memilih  untuk tidak ebrmain kartu yang dapat dimainkan dari tangan kita. Jika demikian, kita harus mengambil kartu AMBILAN. Jika kartu AMBILAN sesuai dengan kartu BUANGAN, kartu itu dapat dimainkan, tetapi kita tidak boleh memainkan kartu dari tangan kita setelah mengamjbil dari kartu BUANGAN.

Itu tadi sekilas mengenai Permainan Kartu UNO, dari situ, kita bis lho membuat berbagai variasi sesuai dengan kreasi kita.

So, lets have fun🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: