Opini Penguat (Mengenai Gajahmada Lahir di Pandaan?)


Pada hari Kamis 12 Agustus 2010 yang lalu, kami telah memposting ulasan mengenai makalah tentang Gajah Mada dan Perang Bubat, yang ditulis oleh Dr. Agus Aris Munandar, Departemen Arkeologi Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia. Beliau menyampaikan interpretasinya bahwa Gajahmada Lahir di Pandaan.

Dan minggu kemarin(29/08/2010), di halaman Colosseum Radar Bromo, tempat pembaca Radar Bromo menuangkan opini, terdapat satu opini yang disampaikan oleh Saudara Teguh Hariawan, seorang pemerhati pendidikan di Pasuruan. Ini dia jepretan halaman Jawa Pos – Radar Bromo yang kami  maksud:

Jadi, setelah posting kami tersebut, ada tindak lanjut lagi, dalam hal ini sejarah mengenai tempat kelahiran Gajahmada yang kemungkinan lahir di Pandaan, sudah sampai beritanya di media cetak, tidak hanya media weblog, sehingga memungkinkan pembaca Radar Bromo, yang mencakup wilayah Pasuruan dan Probolinggo untuk membaca opini dari Saudara Teguh Hariawan tersebut.

Apakah setelah ini berita tersebut bisa ditulis di Jawa Pos, atau pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan bisa menindaklanjuti dengan melakukan penelitian sejarah lebih mendalam mengenai hal ini? Kita tunggu saja, yang pasti, akan menjadi warisan sejarah dari Pandaan jika memang demikian adanya.

PS:

Untuk posting kami mengenai apakah Gajahmada lahir di Pandaan dapat anda klik DISINI.

Untuk makalah Dr. Agus Aris Munandar mengenai Gajahmada dan Perang Bubat, dapat anda klik DISINI.

2 Tanggapan

  1. yang paling penting dalam penelusuran ada situs dan bukti, kita nga bisa hanya berdasarkan satu tulisan /buku terus ber asumsi itu yang paling benar. karena banyak tempat yang mengklaim tempat lahirnya gajah mada.

  2. Salam dari Lereng Welirang…

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: