Hari Buruh 1 Mei Tahun Ini, Bergejolak!!


MENYOAL MAID DAY DI PANDAAN

Awal bulan Mei ini seluruh dunia akan memperingati ” Maid Day ” atau “Hari Buruh” internasional. Dengan posisi kota Pandaan sebagai kota yang kaya akan industri dan mendayagunakan sumber manusianya kebanyakan di sektor industri ini, pastilah menjadi ajang peringatan yang tidak dilewatkan.

Seperti yang dilansir pada Perusahaan-Perusahaan  di Pandaan, artikel sebelumnya mengenai banyak perusahan yang ada di kota kita ini,  belum lagi industri rumah tangga yang cukup banyak menyerap tenaga kerja, maka momen Maid day ini jadi ajang yang tidak mungkin untuk dilewatkan begitu saja oleh warga Pandaan ini, khususnya oleh para “Buruh Pabrik”.

Mengingat saat ini kaum para buruh, terutama buruh pabrik yang kesejahteraannya masih berada dibawah standard , kebijakan-kebijakan perusahaan yang ada kadang bahkan sering merugikan buruh, tunjangan dan sarana pendukung kinerja buruh yang belum didukung oleh perusahaan, tidak seimbangnya pembayaran upah buruh dan jam kerja, pemutusan hubungan kerja secara sepihak, dan masih banyak lagi masalah-masalah buruh pabrik ini menjadi stimulan yang sering muncul dalam  ajang peringatan Maid Day ini  sehingga Maid Day banyak diperingati dan menjadi ajang unjuk rasa sebagai penyaluran penyampaian hak-hak buruh yang kadang bahkan sering tidak didengar oleh atasan atau pemerintah sebagai pengontrol kebijakan daerah menyangkut perburuhan.

Sebagai kota yang dapat dikatakan sebagai kota industri ini, Pandaan menjadi pusat pergerakan massa dalam peringatan Maid Day ini. Tidak akan heran jika anda akan menjumpai titik-titik demo atau unjuk rasa mewarnai jalan-jalan di sekitaran pabrik-pabrik di seputaran kota kita ini. Nah, semoga ajang demo ini tetap menjadi ajang belajar demokrasi para buruh kita yang makin teredukasi, bukan ajang provokasi dalam upaya kepentingan tertentu belaka, mampu menjadikan buruh pabrik di seputaran industri di kota Pandaan kita lebih berani dan maju dalam upaya menyalurkan hak-haknya, dan tentunya sebaliknya semoga para pemilik industri di kota kita ini mampu mendengar apa yang memang menjadi sesuatu yang perlu didengar dan dipertimbangkan dari para buruhnya sehingga tercipta keseimbangan antara pemberdayaan sumber daya manusia dan peningkatan kinerja serta produktifitas industri khususnya di kota kita Pandaan ini, selamat Hari Buruh sedunia warga Pandaan semua!!

Oleh : Erni, Erni, dan Erni🙂

4 Tanggapan

  1. congrats buat para buruh,tetap perjuangkan hak anda

  2. bukan perjuangan yang biasa…hidup kaum buruh

  3. Setuju, perusahaan tanpa buruh tidak akan bisa berjalan

  4. sebenernya bisa dikatakan simbiosis mutualismesama2 menguntungkanharusnya….harusnya lo…tapi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: