Penjual Bunga Nyekar di Pandaan


Hari ini adalah Kamis Kliwon, yang berarti besok adalah Jumat Legi menurut penanggalan jawa. Seperti hari-hari Kamis Kliwon sebelumnya, jika anda melewati daerah perempatan Pandaan, di sekitar perempatan Pandaan sampai di depan jalan menuju makam di Jl. Rukun Bakti (Lebih dikenal dengan daerah Kampung Baru), anda akan melihat banyak penjual bunga nyekar, bukan hanya yang berjualan setiap hari, namun juga banyak yang penjual musiman, yang hanya berjualan ketika malam Jumat Legi tiba.

Memang, jika hari-hari biasa, hanya sedikir penjual bunga nyekar reguler yang dapat kita temui, yaitu di Jl. Pahlawan Sunaryo yang menuju Gang Marathon, jadi hari ini adalah pengecualian, karena akan banyak penjual bunga yang berjajaran menunggu pembeli yang akan berziarah ke makam, bahkan bukan hanya peziarah makam di daerah Pandaan saja, namun juga banyak pembeli dari daerah lain sampai daerah Sidoarjo yang datang untuk membeli bunga nyekar di Pandaan, karena menurut informasi, bunga nyekar di Pandaan harganya jauh lebih murah dari daerah-daerah lain di luar Pandaan.

Zaman boleh saja modern, namun sisi religius warga Pandaan, yang datang untuk mengirim doa kepada Orang Tua atau Saudaranya yang sudah meninggal dunia, sampai saat ini Insya Allah masih tetap terjaga, setidaknya setiap malam Jumat Legi tiba, terlihat banyak sekali peziarah yang datang ke makam untuk mengirim doa.

Satu Tanggapan

  1. hadiah untuk si dia….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: