SUKSESKAN UJIAN NASIONAL 2010


Pelaksanaan Ujian Nasional mulai dilaksanakan hari ini, Senin (22/03/2010). Memang, tahun ini pelaksanaannya Jadwal tahun 2010 lebih cepat dari UN yang biasanya berlangsung pertengahan April. Hal ini disebabkan UN 2010 akan dilaksanakan 2 kali yakni terdiri dari Ujian Nasional Utama dan Ujian Nasional  Ulangan. Siswa yang tidak lulus pada UN utama, bisa mengulang pada UN tahap kedua. Namun, meskipun ada Ujian Nasional Ulangan, akan lebih baik jika seluruh pelajar si wilayah Kecamatan Pandaan dapat lulus Ujian Nasional utama tanpa harus melewati Ujian Nasional Ulangan.

Untuk mencapai hal tersebut, bukan hanya pelajar yang harus memaksimalkan waktu yang ada untuk belajar, tetapi juga dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar hal tersebut dapat tecapai. Karena dengan standar kelulusan rata-rata minimal 5,50 untuk seluruh mata pelajaran yang diujikan,  nilai minimal 4,00 untuk paling banyak dua mata pelajaran dan minimal 4,25 untuk mata pelajaran lainnya, membutuhkan perhatian kita semua dalam mendukung siswa yang sedang melaksanan Ujian Nasional.

Baca Selengkapnya…

Beberapa hal yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut :

  • Pihak orang tua harus mendukung secara langsung proses pembelajaran siswa. Bukan hanya mengontrol apakah siswa sudah belajar untuk persiapan Ujian Nasional, namun juga tidak mengganggu konsentrasi siswa dalam belajar dengan tidak menyalakan televisi ataupun media hiburan lainnya saat siswa sedang belajar.

  • Harus diakui saat ini jejaring sosial di dunia maya sedang populer, untuk itu orang tua harus tegas melarang siswa menghabiskan waktunya bersosialisasi di dunia maya, alangkah lebih baik buat sementara waktu memaksimalkan waktu yang ada untuk belajar.

  • Untuk pengelola tempat-tempat permainan game, seperti persewaan Playstation, game online, dan lain sebagainya, hendaknya untuk sementara waktu menolak apabila ada siswa yang sedang mengikuti Ujian Nasional mengunjungi tempatnya, sampai pelaksanaan Ujian Nasional selesai.

  • Apabila ada tetangga kita yang memiliki anak yang melaksanakan Ujian Nasional, hendaknya kita menghargai dengan tidak menyalakan musik dengan keras, atau hal-hal semacam yang membuat konsentrasi belajar anak tetangga kita menjadi terganggu.

Dengan hal tersebut, semoga tingkat kelulusan siswa di wilayah Kecamatan Pandaan yang melaksanakan Ujian Nasional bisa mencapai 100%. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: