Terkendala Pembebasan Lahan, Ruas Jalan Tol Gempol-Pandaan Terancam Tertunda


tol-pandaan

Belum tuntasnya pembebasan tanah menjadi faktor utama di balik belum selesainya ruas tol trans Jawa. Salah satunya ruas Gempol-Pandaan yang terancam tertunda bila masalah tanah tidak segera dituntaskan. Ruas tol ini termasuk salah satu ruas yang ditargetkan beroperasi pada 2013 oleh pemerintah.

Menteri PU Djoko Kirmanto sempat mengungkapkan harapannya agar 2013 setidaknya ada beberapa ruas jalan tol dapat beroperasi, seperti jalan tol Nusa Dua-Tj Benoa Bali, Ungaran-Bawen, JORR W2 Utara, Surabaya-Mojokerto Seksi IV Krian-Mojokerto, dan Gempol-Pandaan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Abdul Gani pun sempat menargetkan ruas tol Gempol-Pandaan beroperasi akhir 2013 sepanjang pembebasan lahan dapat dituntaskan pada awal 2013.

Wakil Sekretaris Kabinet Ibnu Purna, selaku Ketua Pelaksana Tim Kelancaran Arus Barang mengungkapkan pengoperasian tol Gempol-Pandaan akan berdampak positif bagi pengembangan kawasan di wilayah Surabaya-Pasuruan-Malang.

“Bila tol ini beroperasi, waktu tempuh dan mobilitas barang jasa dari wilayah Malang dan Pasuruan menuju Surabaya atau sebaliknya akan semakin singkat. Ini berarti perputaran ekonomi masyarakat akan lebih cepat sehingga mendorong pembangunan kawasan,” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (24/2/2013).

Ibnu menambahkan, jalan tol Gempol-Pandaan ini terintregrasi dengan jalan tol Gempol-Pasuruan, dan Surabaya-Gempol yang saat ini seksi Kejapanan-Gempol juga sedang digarap agar selesai pada 2013.

“Beroperasinya tol ini akan mempunyai multiplier effect yang luas bagi pertumbuhan perekonomian kawasan Surabaya-Pasuruan-Malang, karena meningkatkan kelancaran arus barang dan jasa, khususnya arus ekspor–impor, maupun perdangan intra-kawasan, membuka lapangan kerja baru, meningkatnya arus investasi, serta tumbuhnya sektor formal dan informal,” imbuh Ibnu.

“Kita mengharapkan dan mendorong agar pihak-pihak terkait, seperti Pemda, BPN, P2T, serta TPT dapat mempercepat penuntasan sisa lahan yang belum tuntas. Bila ini dikeroyok bareng-bareng, kami yakin masalah tanah dapat cepat selesai,” harap Ibnu.

Dirut PT Margabumi Adhikaraya, Setijono optimistis jalan tol Gempol-Pandaan akan beroperasi akhir 2013 sepanjang pembebasan lahan dapat tuntas pada awal-awal 2013.

“Saat ini dari total kebutuhan lahan 104 hektare (ha), sekira 94,20 persen telah selesai, sedangkan sisanya sekira 5,8 persen masih dalam proses,” ujarnya.

Setijono melanjutkan, beberapa tanah yang belum bebas di antaranya adalah tanah-tanah wakaf yang saat ini sedang diproses penggantiannya, serta beberapa tanah yang masih dalam sengketa.

“Dengan dukungan masyarakat serta koordinasi yang intens antara Pemda, kantor BPN Kabupaten Pasuruan yang tergabung dalam P2T serta TPT, maka pembebasan tanah akan dapat diselesaikan tepat waktu,” kata Setijono.

Penyelesaian ruas-ruas tol yang berdampak strategis bagi pembangunan kawasan ini hendaknya menjadi prioritas berbagai pihak, khususnya penuntasan pembebasan lahannya. Chairman Infrastructure Partnership and Knowledge Centre Harun Al Rasyid Lubis berpendapat sebaiknya pemerintah melalui berbagai instansi terkait fokus pada pembebasan tanah dan penyelesaian ruas-ruas tol yang berdampak strategis bagi penumbuh kembangan kawasan, dibanding terfokus pada tol-tol dalam kota yang hanya menambah beban kemacetan.

“Bila ada hambatan administrasi pembebasan tanah hendaknya ini segera dicarikan solusi dan pemecahannya tanpa harus mengabaikan peraturan yang ada. Jadi jangan sampai masalah administrasi justru menghambat penyelesaian tol secara keseluruhan,” ungkap Harun.

-okezone-

About these ads

Satu Tanggapan

  1. semoga cepat kelar biar japanan gak macet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: